Cullinary, Daily Expose, Food, Recommended Place, Restaurant

Petani Resto Ubud, Resto dengan BEST HOSPITALITY EVER !!

Ingat Ubud, ingat Petani Resto.. Ingat Petani Resto, ingat dengan segala keramahan mereka.

 

Kenapa yang menjadi “highlight” Tukang Expose kali ini adalah keramahan ??

Percaya atau tidak, ketika kita berkunjung ke sebuah rumah makan ataupun restoran, yang pertama kali kita jumpai bukanlah buku menu, bukan juga makanan yang langsung tersedia di depan pintu masuk.

Yang pertama kali kita jumpai, pasti adalah staff-staff dari rumah makan ataupun restoran yang bersangkutan. Makanan seenak apapun, jika staff nya jutek dan kurang ramah, rasanya juga cukup sekali saja berkunjung. Tetapi, jika staff ramah, makanan yang kurang cocok di lidah masih bisa kita beri masukan untuk menjadi lebih baik.

Seperti seumpama kita bertamu ke rumah seseorang, ketika kita disambut dengan ramah, kita yang berkunjung pun akan merasa nyaman dan diterima di rumah tersebut. Tetapi, sebaliknya jika tuan rumah bersikap acuh tak acuh, kurang ramah, kita pun akan merasa sungkan ataupun tidak nyaman betamu di rumah tsb.

IG : @petaniubud

Sama halnya ketika Tukang Expose berkunjung pertama kalinya ke Petani Resto, mungkin sekitar 3 tahun-an yang lalu. Tukang Expose disambut dengan staff-staff yang selalu tersenyum dan ramah. Mulai dari petugas satpam sampai staff di restoran. Senyuman tidak pernah luput dari wajah mereka. Memang, Bali ini terkenal dengan keramahannya. Dan Petani Resto ini salah satu perwujudan dari keramahan masyarakat Bali.

Jika ada perumpamaan “jatuh cinta pada pandangan pertama”, inilah yang Tukang Expose rasakan pada Petani Resto. ( dan kemudian berlanjut menjadi “cinta sejati” )

Setelah “jatuh cinta”, bukan berarti Tukang Expose menjadi tidak objektif dalam me-review makanannya ya ?!

Tanpa basa basi lagi, mari kita review makanannya !!!

01. Keripik ubi ungu dengan cocolan mayonaise

IG : @petaniubud

Hayoo, ngaku aja pada bingung kan kenapa kripik ubi ungu cocolannya kok mayonaise ?! Nggak perlu malu, Tukang Expose pun merasakan hal yang sama. Tapi, perpaduan yang kreatif ini ternyata enak loh. Dan, lebih enak lagi karena menu ini gratis. Kata pihak restoran sih, ini semacam snack ringan sebagai makanan pembuka.

 

02. Nasi Raja

Makanan berat yang satu ini diberi nama Nasi Raja, karena cara penyajiannya yang menyerupai penyajian makanan untuk Raja pada zaman dahulu. Dimana, penyajiannya bukan menggunakan piring biasa, melainkan menggunakan dulang.

Nasi Raja ini terdiri dari tumpeng nasi kuning, sate ayam, sate lilit, babi genyol, ayam sambal matah, kuah bakso ikan bumbu kuning, udang goreng tepung, sayur urap, kerupuk, sambal matah, dan sambal merah.

Mencerminkan taste masakan Bali yang lebih soft, sehingga bisa dinikmati oleh lidah wisatawan dari berbagai negara.

 

03. Crispy Duck / Bebek Krispi

Kalau menu yang satu ini, nggak perlu terlalu banyak dijelaskan. Crispy Duck / Bebek Krispi ini sudah menjadi identiknya Ubud. Rata-rata rumah makan dan restoran di Ubud mempunyai menu Bebek Crispy. Masing-masing mempunyai keistimewaan tersendiri. Kembali lagi ke selera penikmatnya.

Bebek Crispy disini lebih “ada rasa” dibanding Bebek Crispy lainnya yang pernah Tukang Expose makan, dalam artian, tanpa dicocol dengan sambal pun, daging bebeknya sudah gurih. Kulit bebeknya pun masih tetap garing 30 menit setelah disajikan. Dan yang paling penting adalah, daging bebeknya tidak alot.

 

04. Pork Ribs / Iga Babi

Sama halnya dengan Crispy Duck, Pork Ribs ini pun sudah menjadi trademark-nya Ubud. Lantas, apa yang membedakan dengan Iga Babi lainnya ??

Jika kebanyakan sajian Pork Ribs di restoran atau rumah makan disajikan dalam potongan yang besar, di Petani Resto Pork Ribs disajikan dalam porsi yang lebih kecil. Kurang lebih sekitar 300gr baby ribs. Sangat pas untuk porsi makan 1 orang, dan tidak terlalu eneq. Bumbunya juga sudah pasti meresap ya.

Seporsi Pork Ribs ini juga disajikan dengan Nasi Putih ( bisa diganti dengan kentang goreng by request ), sayur kalas dan beberapa pilihan sambal.

 

Selain makanan-makanan diatas, masih banyak juga menu lainnya. Mulai dari western food sampai masakan nusantara.

Urusan harga, masih terjangkau kok. Atau bisa Tukang Expose bantu dengan special price juga.

Bagi yang suka selfie ataupun foto-foto, restoran satu ini mempunyai banyak spot untuk foto. Mulai dari batik, nuansa hijaunya Ubud, sampai lampu-lampu dan furniture yang instagram-able.

 

 

Untuk informasi tambahan bahwa Petani Resto ini di-manage oleh Hotel Alaya Resort Ubud, salah satu hotel resort yang ada di pusat keramaian Ubud. Sudah pasti ya mereka tidak akan main-main dengan kualitas makanannya.

 

Selain informasi diatas, ada bonus lagi loh dari Petani Resto ini. Setiap malam Jumat, Petani Resto juga menyuguhkan performance dari seniman terkenal di Bali. Siapakah dia ????

Gus Teja dan Balawan !!!

IG : @petaniubud

 

IG : @petaniubud

Yang belum kenalan, Tukang Expose lampirkan video dari Youtube dibawah ini

https://www.youtube.com/watch?v=qYyjaZj75As

https://www.youtube.com/watch?v=7wTLGq2HeLY

Harus bayar tiket masuk kah ??? Jawabannya TIDAK. Syaratnya hanya pesan makan atau minum di Petani Resto. Namanya juga bonus kan ?!

IG : @petaniubud

Beliau berdua tidak tampil bareng ya, melainkan bergantian setiap minggunya. Sekedar saran jika ingin menyaksikan performance mereka, ada baiknya untuk konfirmasi terlebih dahulu ke pihak restoran. Performance based on their schedules ya.

 

Petani Restaurant

📍Jalan Hanoman Ubud, Bali
📞(+62 361) 972 200

 

Sekian review dari Tukang Expose kali ini.

Mari lestarikan kuliner lokal Indonesia !!!

Leave a Reply